Mengenal Teknologi transportasi pada kapal laut

Transportasi laut merupakan keharusan bagi orang yang memiliki tempat yang berjarak dengan pulau, dengan adanya transportasi laut kini orang mudah melakukan berpergian dengan alat transportasi kapal, seperti halnya di jepang dan indonesia sendiri rata rata 70-80 % menggunakan transportasi laut. Tidak terlepas dengan canggih nya teknologi yang mendukung transportasi ini kita akan menelisik sedikit tentang teknologi yang di gunakan oleh kapal laut ini.




Kapal laut

Tentunya kita sering menggunakan transportasi berteknologi ini ketika berpergian, apakah yang dapat di amati bahwa, dari mana mesin kapal bisa berjalan dan tidak mudah tersesat, teknologi apa yang di gunakanya? Apakah ada peta petunjuk atau alat oembangkit listrik di dalam nya?, Mari kita kupas teknologi kapal laut ini.

Mesin kapal induk

Mesin kapal induk sesuai namanya (main engine) yaitu mesin yang mendukung semua aktifitas pelayaran baik tenaga dan pengendalian, mesin ini biasanyavterdapat pada jantung kapal yang terletak di bagian bawah (didalam) kapal, yang tersambung dengan segala jenis sistem kapal yang membuat dan menghidupkan daya energi listrik dan mesin.

Biasanya mesin induk ini yang menyalurkan energi listrik ke lampu dan alat bagian keperluam kelistrikan kapal, sehingga tv dan ruangan menjadi terang karena adanya daya energi listrik yang mengalir.

Gyro compas

Gyro compas ini adalah alat pendeteksi arah yang sangat akurat dimana gyro compas ini tidak terhambat oleh medan magnetik dari luar, sehingga dia lebih jelas menentukan arah utara timur dan selatan pada jarum arah kapal, namun gyro compas ini di perlukan kemudi dan pengawasan untuk mengendalikanya.

Radar

Apa itu radar? Radar adalah alat sistem pendeteksi objeck yang berdekatan atau yang berdampingan dengan kapal, seperti mendeteksi adanya pohon, bebatuan atau seberapa besar ombak yang menghadang kapal, biasanya radar ini di gunakan oleh pilot agar lebih mudah mengemudikan kapal.

Antena anti petir

Antena anti petir ini sangat di perlukan oleh kapal, apabila terjadi nya cuaca hujan lebat dan badai petir, antena petir akan mampu mendeteksi bahay oetir dan mengalihkan nya kebawah air sehingga tidak terjadi efek pada kapal laut yang menyebabkan kerusakan pada kapal.

Ketel / boiler

Adalah alat bantu yang di guanakan untuk memanaskan mesin pada kapal yang membuat uap pada kapal sehingga menimbulkan tenaga untuk penggerak pada mesin kapal, biasanya uap ini akan muncul ketika mesin baru saja di hidupkan.

Alat paling utama kapal

Alat paling utama kapal adalah sebuah motor penggerak jalan nya kapal, apa saja nama mesin yang menggerakan kapal laut ini sehingga berdaya kuat menebas arus dan ombak laut.

Caterpillar

Caterpillar adalah mesin yang di buat oleh perusahaan amerika serikat pada tahun 1925, kantor nya berpusat di Peoria, illionis, Amerika serikat.
Mesin yang menggerakan baling baling poros pada kapal ini sangat apik dan membuat kapal ini berjalan seperti yg kita rasakan.

Penutup :

Uraian singkat di atas adalah penjelasan atau pengenalam singkat pada teknologi transportasi pada laut yaitu kapal, series jenis kapal tentunya berbeda beda namun, ini adalah bagian pokok yang terdaoat pada kapal. Semiga bermanfaat.
Silahkan simak video berikut ini :



Admin Saya adalah blogger yang angin anginan untuk menulis

0 Response to "Mengenal Teknologi transportasi pada kapal laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel